Merangkai Filsuf #2 Friedrich Wilhelm Nietzsche

Lahir pada 15 Oktober 1844 di hari dan tanggal yang sama dengan seorang raja Prusia yaitu Friedrich Wilhelm. Nama dari raja tersebut kemudian dipilih oleh kedua orang tua Nietzsche. Keluarga yang penuh kerohanian karena Kakeknya Friedrich August Ludwig adalah seorang pejabat tinggi dalam gereja Lutheran yang dapat disejajarkan dengan ke-uskupan gereja katolik. Ayahnya, Karl Ludwig Nietzsche adalah seorang pendeta di desa Rocken tidak jauh dari Lutzen, dan ibunyaFranziska Oehler berasal dari keliarga pendeta di daerah Luhteran. Keluarga yang penuh dengan kasih kudus serta ketaantan pada Tuhan ini tidak dapat bertahan setelah kematian Friedrich August Ludwig pada tahun 1849, saat itu Nietzshe kecil masih berusia 4 tahun. Sepeninggalan ayahnya, tak lama adiknya Joseph menyusul ayahnya ke sisi Tuhan. Setelah kejadian tersebut Nietzsche, Ibu, Kakak perempuan, kedua tante dan neneknya pindah ke Naumburg.

Perjalanan hidup Nietzsche dimulai sejak usia 6 tahun dia masuk sekolah gymnasium dan ketika usianya 14 tahun dia mulai berkenalan dengan karya Goethe dan Wagner, NNietzsche pindah sekolah ke Pforta yaitu sekolah asrama yang menerapkan peraturan ketat dan disiplin. Di sekolah inilah dia belajar bahasa Yunani, Latin, dan Ibrani.

Nietzsche menjadi ahli filologi yang brilian, kemudian membuat sebuah kegiatan studi sastra Germania bersama Wilhelm Pinder dan Gustav Krug. Nietzsche memiliki ketertarikan pada ilmu teologi dan filologi di Universitas Bonn. Namun, pada tahun 1865  memutuskan untuk tidak belajar teologi dan pada usia 18 tahun Nietzsche mulai kehilangan kepercayaan pada agama Kristen serta mulai mencari Tuhan dan agama baru.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s